Jumat, 11 Mei 2012

sejarah adidas predator


Para penggila sepak bola tentu sudah tahu sepatu apa yang sangat nyaman dipakai untuk bermain bola. Tentu saja, jawaban paling tepat adalah Adidas. Produsen peralatan olahraga asal Jerman ini memang sejak lama sangat serius mengembangkan sepatu sepak bola berteknologi tinggi. Tak henti-hentinya mereka menelurkan sejumlah seri sepatu yang nyaman dipakai, sekaligus mendukung prestasi pemain. Salah satu yang menjadi fenomena adalah Adidas Predator.
Sepatu tipe ini mulai diperkenalkan pada 1994 lalu, menjelang berlangsungnya putaran Final Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Adidas kemudian memperbaharui tipe sepatunya setiap kali menjelang turnamen besar, seperti Piala Eropa dan Piala Dunia berikutnya. Alhasil, Adidas Predator hadir dengan beberapa varian, mulai dari tipe Rapier, Touch, Accelerator, Mania sampai Abdolute yang lahir menjelang Piala Dunia 2006 di Jerman.
Pada 2009 lalu, atau setahun menjelang putaran Final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Adidas mengeluarkan tipe terbaru, yaitu Predator X. Inilah sepatu sepakbola pertama keluaran Adidas yang tanpa lidah. Biasanya, lidah yang panjang menjadi salah satu ciri khas sepatu sepakbola, termasuk Predator. Pada tipe sebelumnya, bahkan ilustrasi David Beckham sedang melakukan tendangan bebas, melekat di lidah sepatu Predator Absolute.
Kokoh dan Modern
Dibanding sepatu keluaran produsen lain dan sepatu sepakbola produksi Adidas sebelumnya, Predator sesuai dengan namanya, tampak lebih kokoh. Kekokohannya terlihat dari garis-garis khas Adidas di sisi kanan kiri sepatu. Bagian depan yang biasa digunakan untuk menghantam bola, diperkuat dengan jahitan yang lebih mantap. Garis-garis memanjang dan tiga lengkungan di atasnya, membuat pemain makin yakin akan mampu menendang bola dengan akurat. Desain ini juga akan mampu mengurangi tekanan bola terhadap kaki, sehingga akan mengurangi risiko cedera.
Selain kokoh, tampilan Predator juga mewakili perkembangan modern. Warnanya cenderung metalik, mulai dari merah marun, biru muda, sampai warna emas, semuanya dipoles metalik. Sekilas, penampilan Predator mungkin akan membuat lawan terpesona. Apalagi, jika yang menggunakan pemain sekelas Zinedine Zidane, Petr Cech, atau David Beckham.
Dari Zidane Sampai Beckham
Seri sepatu Predator memang menjadi pilihan para bintang sepak bola dunia. Sejak diluncurkan pada 1994 lalu, sederet bintang Eropa menggunakannya. Mulai dari Zinedine Zidane, Patrick Viera, Alessandro Del Piero sampai Raul Gonzales. Makin hari, kian banyak saja pemain berkelas yang menggunakan sepatu ini.
Pada 2006 lalu, Adidas bahkan secara khusus menciptakan sepatu untuk David Beckham, mega bintang Manchester United dan Real Madrid. Penggunaan sepatu Predator oleh Beckham makin membuat nilai jual sepatu ini meningkat.
Sampai saat ini, Frank Lampard, Steven Gerard, Xavi, Robin Van Persie, Michael Ballack, dan sejumlah nama tenar lainnya, masih menggunakan Adidas Predator. Lihatlah bagaimana hebatnya mereka mengolah bola, memainkan dan menceploskan ke gawang lawan. Salah satunya berkat sepatu yang mereka kenakan. Pada 2011 nanti, Adidas sudah menyiapkan sebuah varian baru dari Predator yaitu AdiSonic. Entah apalagi yang akan dilakukan Adidas untuk menambah paten produknya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar